Ragam Cara Atasi Windows 10 yang Lemot

Ragam Cara Atasi Windows 10 yang Lemot

Saat ini penggunaan Windows 10 memang paling banyak dipilih karena merupakan Windows paling terbaru. Banyak orang yang tidak paham mengenai cara atasi Windows 10 yang lemot, meskipun perangkat satu ini memang cukup cepat dibandingkan pendahulunya tapi bukan berarti tidak akan membuat kinerja dari laptop juga cepat.

Terdapat beberapa hal yang juga mempengaruhi Windows 10 ini tidak cocok untuk beberapa laptop. Tapi ada juga cara yang bisa Anda gunakan agar bisa membuat Windows 10 ini tetap lancar ketika digunakan.

Cara Atasi Windows 10 yang Lemot Dengan Mudah dan Cepat

Restart Perangkat Laptop atau PC

Cara pertama ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi perangkat lemot dengan melakukan restart pada laptop ataupun PC yang Anda gunakan. Windows 10 nantinya akan membuat display laptop ke mode sleep, tapi untuk proses sebelumnya dimulai sehingga akan terus berlanjut yang mana hal tersebut akan melakukan akumulasi serta melambatkan komputer.

Anda pun dapat memperbaikinya dengan cara mematikan laptop ataupun PC setiap hari selesai digunakan. Jangan pernah untuk melupakan jika seluruh program tengah berjalan sebelumnya sudah ditutup terlebih dahulu dan menyimpan seluruh data sebelum mematikan laptop.

BACA JUGA :   Deretan Aplikasi Wajib Bagi Pengguna Windows 10

Melakukan Update Windows 10

Microsoft memang selalu merilis update untuk Windows 10 di mana hal tersebut memiliki tujuan agar bisa memperbaiki bug sehingga bisa membuat sistem memiliki kinerja cepat. Untuk beberapa update ini memang terhitung minor, tapi terdapat pula update dengan membawa perubahan cukup signifikan pada efisiensi sistem dan juga kinerjanya.

Memperhatikan Aplikasi Saat Booting

Windows yang satu ini bisa jadi memiliki kinerja sangat lambat disebabkan banyaknya program atau aplikasi tengah berjalan sehingga laptop ataupun PC pun tidak kuat. Sehingga cara mempercepat booting ini sendiri dapat dilakukan dengan membatasi pemakaian aplikasi yang berjalan dengan bersamaan.

Caranya ialah dengan membuka task manager kemudian klik tab start up. Intinya di sini Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang tengah berjalan dan bisa langsung mematikan aplikasi tersebut agar performa laptop tidak melambat.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Mengenai aplikasi tidak dipakai tentu saja akan memakan tempat pada hardisk yang ada di laptop sehingga kinerja dari Windows 10 akan melambat. Jadi, sebaiknya Anda melakukan penghapusan pada beberapa aplikasi yang memang tidak dipakai.

BACA JUGA :   Cara Tangkap Layar di Pc dan Laptop TERBARU 2022

Mematikan Special Effect

Tak dapat dipungkiri untuk Windows 10 ini memiliki banyak sekali efek ataupun animasi yang secara khusus ditampilkan. Namun, animasi ataupun efek gratis ini biasanya justru akan membuat laptop semakin lemot. Dan untungnya terdapat cara mudah untuk melakukan penonaktifan dari efek grafis ataupun animasi tersebut.

Yakni dengan masuk ke control panel lalu klik system and security, pilih sistem, lalu klik advanced system settings. Baru setelah itu Anda akan masuk ke dalam tab performance dan Anda pun dapat memilih opsi aplikasi yang ingin dinonaktifkan.

Menggunakan SSD

Hard disk drive atau HDD memang memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan solid state drive atau SSD. Tapi SSD sendiri mampu membuat proses dari start up laptop jauh lebih cepat dibandingkan hard disk drive.

Hal ini dikarenakan SSD memakai memori flash sehingga memiliki kemampuan untuk bisa melakukan akses jauh lebih cepat dibandingkan hard disk drive yang memakai disk magnetized.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara atasi Windows 10 lemot. Sebelum membawanya ke tempat service laptop akan lebih baik jika mengatasi dengan menggunakan cara diatas, karena jika berhasil tentu akan menghemat pengeluaran Anda.

BACA JUGA :   Yuk Simak Cara Install Windows 10 di Laptop Anti Ribet