Cara Menggunakan Software Reset Printer Canon MP287

Berbicara tentang kualitas, printer buatan Canon memang mempunyai kualitas yang teratas. Meskipun demikian, bukan berarti printer buatan Canon tidak akan mempunyai masalah sama sekali. Hal ini terbukti dengan adanya software reset printer Canon MP287.

Kerusakan sistem tidak mungkin bisa dihindari jika Anda sudah menggunakan printer pabrikan Canon setelah beberapa tahun. Sayangnya, banyak orang yang bingung ketika mereka menemukan masalah ini dengan printer Canon MP287 milik mereka. Jika Anda salah satunya, maka Anda tidak perlu khawatir. Permasalahan seperti ini adalah hal yang umum dan dengan menggunakan perangkat lunak yang tepat, Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

 

Apa Itu Software Reset Canon Printer?

Secara sederhana, software atau perangkat lunak ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada printer Canon Anda. Fungsi utama dari software ini adalah untuk mengembalikan pengaturan printer Canon MP287 milik Anda ke pengaturan awal. Dengan kata lain, segala macam kerusakan sistem akan hilang. Software reset printer Canon MP287 akan membuat printer Anda seperti baru kembali.

BACA JUGA :   Printer Epson L6190 Spesifikasi Dan Harga Terbaru September 2021

 

Cara Reset Canon MP287 Dengan Service Tool

Sebenarnya, ada beberapa jenis software yang bisa Anda gunakan jika ingin melakukan reset pada Canon MP287. Akan tetapi, salah satu software yang paling populer adalah Service Tool. Untuk langkah-langkahnya, Anda hanya harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam mode servis dari printer Anda.
  • Untuk masuk ke dalam mode servis, matikan printer Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, nyalakan printer dengan menekan tombol reset dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Jika sudah, lampu indikator berwarna hijau akan menyala. Lepas tombol reset, tetapi jangan lepaskan tombol power.
  • Jika sudah, tekan tombol reset sebanyak enam kali dengan tidak melepas tombol power. Jika proses dilakukan dengan benar, maka Anda akan masuk ke dalam mode servis dari Canon MP287. Sebagai penanda, layar panel pada bagian atas Canon MP287 akan menjadi hitam gelap.
  • Setelah printer sudah masuk ke dalam mode servis, langkah berikutnya adalah memastikan software reset printer Canon MP287 sudah terpasang.
  • Setelah terpasang, jalankan software Service Tool untuk memperbaiki printer Anda.
  • Di jendela utama Service Tool, Anda akan menemukan opsi Clear Ink Counter dan juga Ink Absorber. Pilih opsi Main untuk kedua opsi tersebut. Jika sudah, masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer MP287 Anda lalu tekan SET.
  • Masih di halaman yang sama, di bagian atas Anda akan menemukan EEPROM. Klik tombol tersebut untuk mengembalikan printer Anda ke pengaturan awal.
  • Tunggu sampai Canon MP287 selesai mencetak. Jika sudah, matikan lalu nyalakan kembali printer Anda.
  • Setelah printer menyala dengan normal, lakukan printing-test untuk memastikan bahwa printer sudah bisa beroperasi seperti sedia kala.
BACA JUGA :   3 Cara Install Driver Canon MP287 di Windows 10

 

Kesimpulan

Itu tadi cara mudah yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami masalah dengan printer Canon MP287 milik Anda. Sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa jenis software reset printer Canon MP287 yang bisa dengan mudah diunduh di internet. Akan tetapi, Service Tool adalah salah satu yang paling sering digunakan. Selain karena tampilannya yang sederhana, cara menggunakannya pun cukup mudah. Jadi, setiap orang tentu bisa menggunakannya tanpa kendala sama sekali. Bagaimana dengan Anda?