Yuk Simak Cara Install Windows 10 di Laptop Anti Ribet

Yuk Simak Cara Install Windows 10 di Laptop Anti Ribet

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini sebagian besar laptop sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Bahkan, ada perangkat komputer canggih yang satu ini yang memang hanya mendukung sistem operasi Windows 10 maupun di atasnya. Berbicara mengenai sistem operasi yang banyak digunakan oleh semua kalangan ini, tak sedikit orang yang mempercayakan ahlinya untuk cara install Windows 10 di laptop dengan membayar biaya yang relatif mahal.

Padahal, menginstall sistem operasi yang satu ini terbilang mudah dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menginstall Windows 10 di laptop agar tidak berpengaruh pada aplikasi yang berjalan di dalamnya. Oleh karena itu, Anda penting untuk mengetahui bagaimana cara menginstall Windows 10 yang akan dijelaskan di bawah ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginstall Windows 10

Sebelum memulai untuk menginstall Windows 10 di laptop, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya aplikasi yang dijalankan di dalamnya dapat berjalan secara maksimal. Nah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan menginstall Windows 10 di laptop yakni sebagai berikut.

BACA JUGA :   Inilah 3 Cara Kunci File di Windows 10 Secara Aman

Pertama, Anda pastikan baterai laptop dalam kondisi yang cukup daya (full bateray). Dengan memastikan kondisi baterai yang cukup atau telah terisi penuh, maka ketika proses instalasi berlangsung laptop tidak akan mati secara tiba-tiba. Namun, jika Anda memang memerlukan stop kontak saat proses instalasi berlangsung bisa didekatkan dengan perangkat laptop. Biasanya, proses instalasi ini membutuhkan waktu kira-kira selama setengah jam bahkan lebih.

Kedua, Anda perlu menyiapkan file perangkat lunak / software Windows 10 terlebih dahulu. Biasanya, file ini bisa Anda simpan dalam bentuk VCD / DVD atau bahkan dalam media penyimpanan seperti flashdisk. Dalam hal ini, Anda juga penting untuk memperhatikan agar laptop memiliki aplikasi yang pendukung agar mudah dalam membaca file dalam VCD / DVD saat menginstall Windows 10 nantinya.

Bagaimana Cara Install Windows 10 di Laptop?

Proses Booting Windows 10

Sebelum menginstall Window 10 di laptop, Anda sebaiknya melakukan proses booting terlebih dahulu dengan menyiapkan VCD / DVD atau flashdisk yang sudah terisi software Windows 10. Setelah itu, Anda lakukan beberapa cara di bawah ini :

  1. Buka menu Start, kemudian klin ikon Windows di sudut kiri bawah layar.
  2. Kemudian klik ikon Power dan pilih
  3. Untuk masuk ke pengaturan BIOS, Anda tekan dan tahan tombol Del atau F2 serta masukkan key BIOS pada laptop.
  4. Setelah itu, Anda klik ke tab Boot Options dan pilih perangkat yang akan diboot. Jika menggunakan flashdisk, maka Anda pilih Removabel Devices. Namun jika menggunakan VCD / DVD Anda pilih Drive CD-ROM.
  5. Kemudian Anda tekan tombol F5 sampai opsi boot muncul dan simpan pengaturan Anda dengan menekan tombol F10 lalu
  6. Tunggu hingga proses Restarting laptop selasesai.
BACA JUGA :   Deretan Aplikasi Wajib Bagi Pengguna Windows 10

Proses Install Windows 10

Dalam menginstall Windows 10, Anda bisa melanjutkan proses dengan beberapa cara sebagai berikut :

install windows

  1. Klik Next apabila muncul pemberitahuan pop-up dan klik Intall Now.
  2. Setelah itu, masukkan key Windows 10  lalu klik Next (jika tidak punya klik “Skip”).
  3. Kemudian, Anda klik tombol Accept dan klik Next untuk menyetujui ketentuan penggunaan.
  4. Untuk mempertahankan file, aplikasi dan pengaturan, Anda klik Upgrade. Namun, jika Anda ingin memuat ulang dan menginstaal Windows 10 bisa langsung klik Custom.
  5. Terakhir, Anda tunggu proses instalasi selesai.

Itulah informasi penting bagaimana cara install Windows 10 di laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah anti ribet.