Beberapa Cara Mencegah Virus Ransomware di Komputer atau Laptop

Beberapa Cara Mencegah Virus Ransomware di Komputer atau Laptop

Sebelum mempelajari tentang cara mencegah virus ransomware, akan lebih baik mengetahui apa sebetulnya virus tersebut. Ransomware sendiri merupakan jenis malware yang awalnya akan teridentifikasi menyerang pengguna komputer. Bukan hanya menginfeksi komputer, tapi serangan dari virus ini dapat melacak beserta mengenkripsi data pengguna dengan menggunakan kode rahasia unik yang hanya dapat diketahui oleh pembuat serangan ransomware tersebut.

Sesuai dengan namanya, maka serangan tersebut akan menyandera data pribadi pengguna komputer agar bisa meminta tebusan jika memang korban menginginkan pengembalian data-data tersebut. Menyeramkan bukan? Agar tidak terjadi pada Anda maka di bawah ini merupakan cara yang bisa Anda ikuti.

 

Cara Mencegah Virus Ransomware Dengan Mudah

Melakukan Back Up Data

Karena Anda bukan hanya sebagai pengguna komputer tapi sekaligus sebagai pengguna internet aktif, sangat direkomendasikan untuk melindungi data sebab saat ini banyak sekali hacker yang dapat menyerang dengan infeksi ransomware. Langkah pertama dapat Anda lakukan ialah dengan menjaga data dari bahaya serangan ransom yaitu dengan cara back up data.

BACA JUGA :   Ragam Cara Atasi Windows 10 yang Lemot

Melakukan back up data tanpa terkoneksi dengan menggunakan internet dapat dilakukan untuk menyelamatkan data lain ketika sebelumnya sudah terserang ransomware. Perlu untuk dipastikan selalu  rutin mem-backup data dengan mencadangkan data ke cloud, drive ataupun Dropbox.

Melakukan Update Sistem Operasi dan Aplikasi Otomatis

Microsoft sendiri seringkali melakukan update security biasanya akan dilakukan dalam setiap bulan ataupun satu minggu sekali. Pastikan untuk selalu memperhatikan jadwal update tersebut sehingga nantinya sistem operasi pada komputer Anda bisa terupdate.

Sistem operasi tersebut akan mengupdate seluruh program yang ada di dalam komputer. Di mana hal tersebut tentu akan sangat berguna sebagai upaya pencegahan serangan virus ransomware yang saat ini sudah marak. Biasanya untuk aplikasi yang akan sering di Serang oleh virus tersebut adalah Google chrome Firefox Opera safari, Adobe flash player chrome Internet Explorer, freeware dan lain sebagainya.

Menginstal Perangkat Lunak Antivirus

Langkah berikut ini memang patut untuk dilakukan karena biasanya perangkat lunak antivirus akan memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi virus termasuk ransomware. Bahkan identifikasi tersebut tidak akan tergantung pada pembaruan maupun upgrade sistem operasi.

BACA JUGA :   Microsoft akan Segera Rilis Windows Generasi Terbaru

Anda pun juga bisa memasukkan perangkat lunak ke dalam whitelist yang mana hal tersebut secara otomatis mampu mencegah aplikasi tidak sah berjalan.

Lebih Hati-hati Ketika Men-download

Poin berikut ini memang sangat penting bagi para pengguna komputer ataupun laptop karena dapat mencegah munculnya virus. Karena jika sembarangan pada saat men-download lampiran ataupun file belum tentu memiliki keamanan yang bagus. Jika saja dilihat secara sekilas file tersebut tidak reliabel maka lebih baik tidak men-download-nya.

Menghindari Klik Email Secara Sembarangan

Salah satu cara penyerangan dari virus tersebut biasanya adalah kesembronoan dari para pengguna internet ketika klik pada sebuah website ataupun email. Itulah mengapa kebiasaan seperti ini yang harus segera dihindari. Karena bisa jadi link yang Anda beli tersebut berasal dari orang yang ingin menyerang dengan menggunakan virus ransomware. Memang tidak mengetahui asal-usul dari link tersebut maka tidak usah dibuka.

Mematikan File Sharing

Untuk cara terakhir ialah dengan menonaktifkan file sharing atau yang disebut sebagai fitur SMP file sharing ketika tidak dipakai. Virus tersebut mampu menyebar melalui jaringan sehingga dimatikan merupakan antisipasi yang paling baik.

BACA JUGA :   Simak Cara Membagi Layar Laptop Windows 10 Agar Tampilan Lebih Menarik

Pilihlah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai cara mencegah virus ransomware dan menjadi perlindungan terbaik untuk komputer atau laptop Anda.