Definisi dan Cara Hapus Malware di Windows 10 Paling Ampuh

Definisi dan Cara Hapus Malware di Windows 10 Paling Ampuh

Sering kali seseorang mengalami permasalahan terkena malware pada laptop hingga menyebabkan beberpaa aplikasi di dalamnya tidak dapat berjalan secara maksimal. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka perangkat laptop Anda nantinya dapat mengalami kerusakan semakin parah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatasi permasalahan dengan cara hapus malware di Windows 10 agar kerusakan dapat diminimalisir sejak awal.

Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa itu malware yang sering kali menyerang laptop dan mengganggu sistem aplikasi di dalamnya? Bagi Anda yang penasaran, bisa menyimak informasi lebih lanjut mengenai malware dan cara mudah dalam menghilangkanya secara ampuh.

Apa yang Dimaksud dengan Malware?

Secara umum, malware merupakan suatu aplikasi atau software yang sering merusak sistem komputer, jaringan dan server tanpa pengetahuan si pemilik perangkat. Malware ini umumnya dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal siapa pemilik yang menggunakannya. Yakni mulai dari lembaga pemerintahan, usaha-usaha kecil, perusahaan besar hingga para pengguna komputer pribadi.

Nah, malware ini biasanya secara tidak langsung masuk ke komputer pengguna melalui beberapa file-file unduhan dari browser. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih waspada dan berhati-hati ketika mengakses internet dan mengunduh file-file yang berpotensi mengakibatkan perangkat terserang malware.

BACA JUGA :   Beberapa Cara Mencegah Virus Ransomware di Komputer atau Laptop

Ciri-ciri Komputer Terserang Malware

  • Munculnya Banyak Popup Mencurigakan

Tanda yang paling jelas ketika komputer atau laptop terserang malware yakni muncul banyak popup mencurigakan. Biasanya, pembuat malware bisa menyerang korban dengan menampilkan iklan-iklan popup dan mengarahkan ke website-website berbahaya.

  • Seringkali Terjadi Redirect

Tujuan utama pembuat malware yakni mengarahkan korbannya membuka website-website berbahaya. Nah, hal inilah yang nantinya menyebabkan terjadinya redirect ke website yang mencurigakan.

  • Muncul Notifikasi Berbahaya

Biasanya, pembuat malware akan menakut-nakuti korban dengan sering mengirimkan notifikasi berbahaya berupa pemberitahuan bahwa komputer / laptop terserang virus.

  • Muncul Postingan Misterius di Media Sosial

Tidak hanya pada perangkat komputer / laptop saja, media sosial yang biasa Anda buka di perangkat tersebut jika berpotensi terkena malware. Hal ini membuktikan bahwa perangkat tersebut sudah diretas dan harus segera melakukan scanning.

Bagaimana Cara Menghapus Malware di Windows?

  •  Memastikan Perangkat Sudah Backup Data

Sebelum menghapus malware di perangkat, ada baiknya Anda sudah memastikan backup data di harddisk eksternal maupun cloud.  Hal ini dilakukan agar data tetap aman ketika dilakukan penghapusan malware.

  • Memutuskan Akses Jaringan Internet
BACA JUGA :   Mengenal Tentang Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

Apabila komputer / laptop tersambung internet, maka segera putuskan jaringan agar terhindar dari transmisi data dari perangkat ke pihak lain.

  • Menjalankan Fitur Safe Mode

Ketika memperbaiki kerusakan di Windows 10, ada diminta untuk menjalankan Safe Mode untuk meminimlaisir terjadinya serangan malware. Caranya, Anda tinggal Restart komputer / laptop kemudian tekan F8 dan pilih Safe Mode.

  • Menghapus Temporary Files

Ada baiknya sebelum Anda melakukan proses scanning secara menyeluruh, yakni lebih dulu menghapus Temporary Files di perangkat komputer / laptop agar proses berjalan lebih cepat.

  • Lakukan Proses Scanning Menggunakan Anti Malware

Apabila di komputer / laptop sudah memiliki software anti malware, maka Anda bisa langsung menggunakannya untuk proses scanning. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

  • Menghapus Program Tak Dikenal

Jika proses scanning selesai dilakukan, maka Anda tinggal hapus software atau program mencurigakan atau program tak dikenal di perangkat. Cara mengeceknya, Anda tinggal buka File Explorer – klik This PC Computer Uninstall or change a program.

  • Melakukan Reset Browser
BACA JUGA :   Cara Tangkap Layar di Pc dan Laptop TERBARU 2022

Terakhir, Anda bila melakukan reset browser (Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge) untuk menghilangkan malware yang berbahaya.

Demikianlah ulasan penting mengenai cara hapus malware di Windows 10 dengan mudah dan ampuh yang bisa Anda praktikkan di komputer / laptop.