Daftar Kode Kerusakan dan Cara Memperbaiki Canon MP287

Daftar Kode Kerusakan dan Cara Memperbaiki Canon MP287

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap barang elektronik pasti suatu saat akan rusak. Termasuk juga printer pabrikan Canon dengan tipe MP287. Jika Anda memiliki printer ini di rumah dan mengalami kendala dengan perangkat lunaknya, tidak perlu khawatir. Setiap permasalahan tentu ada kode kerusakan dan cara memperbaiki Canon MP287. Dengan mengetahui kode tersebut, maka Anda bisa tahu apa kerusakan yang dialami printer Canon MP287 Anda.

Berikut beberapa kode yang biasanya muncul ketika Canon MP287 Anda rusak.

  • Error Code 1000.

Kode ini adalah salah satu yang paling sering dialami oleh banyak pengguna Canon MP287. Untungnya, kode ini muncul karena permasalahan yang sepele. Kode ini menunjukkan bahwa kertas sudah habis. Jadi, Anda hanya perlu menambahkan kertas ke dalam wadah di printer ini.

  • Error Code 1300.

Kode ini sedikit mirip dengan Error Code 1000. Hanya saja, kode ini menunjukkan bahwa ada kertas yang tersangkut saat proses pencetakan berlangsung. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mencabut perlahan kertas yang tersangkut. Setelah itu, proses pencetakan bisa dilanjutkan.

  • Error Code 1401.
BACA JUGA :   Printer Epson L6190 Spesifikasi Dan Harga Terbaru September 2021

Kode ini biasanya muncul jika Anda baru saja mengganti cartridge Anda. Hal ini karena kode kerusakan dan cara memperbaiki Canon MP287 memberitahu bahwa ada yang salah dengan pemasangan cartridge baru Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, cukup cabut dan pasang kembali cartridge Anda.

  • Error Code 1485.

Kode ini menunjukkan masalah yang terjadi saat Anda mengganti cartridge Anda. Jika Error Code 1401 menunjukkan bahwa pemasangan cartridge salah, maka Error Code 1485 menunjukkan bahwa cartridge tidak bisa digunakan. Kemungkinan besar, cartridge yang Anda beli tidak didukung oleh sistem. Hal ini biasanya terjadi karena membeli cartridge universal. Jadi, sebaiknya gunakan cartridge Canon yang memang khusus untuk printer MP287.

  • Error Code 1682.

Kode ini biasanya muncul ketika cartridge Anda sudah melewati batas waktu pemakaian. Dengan kata lain, perangkat keras cartridge Anda memang sudah rusak. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti cartridge Anda. Akan tetapi, pastikan tidak mendapatkan Error Code 1485 ataupun Error Code 1401.

  • Error Code 6000.
BACA JUGA :   Cara Install Printer Canon G3010

Jika kode ini muncul, maka bisa dipastikan bahwa Line Feed pada printer Anda bermasalah. Line Feed adalah lembaran panjang yang biasanya berfungsi untuk menyambungkan Logic Board dalam dari printer Anda dengan cartridge. Untuk kode kerusakan dan cara memperbaiki Canon MP287 ini, Anda hanya perlu membersihkannya. Jika tidak berhasil, coba lepas dan pasang kembali Line Feed pada printer Anda.

  • Error Code 5700.

Kode ini memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah dengan roda penggerak bagian dalam printer ini. Biasanya, ada kotoran di sekitar roda penggerak bagian dalam printer. Akibatnya, kertas yang sudah disiapkan tidak akan bisa ditarik masuk untuk pencetakan. Solusinya adalah membersihkan bagian dalam dekat roda gigi.

  • Error Code 5B01.

Kode masalah ini biasanya muncul setelah beberapa tahun pemakaian. Error Code 5B01 menunjukkan bahwa busa serapan tinta sudah penuh. Jadi, ini bukanlah suatu masalah yang perlu Anda khawatirkan. Cukup ganti busa tersebut dengan busa yang baru untuk menyerap sisa tinta ketika pencetakan.

  • Error Code 6800/6801.
BACA JUGA :   Printer Canon G1020 Spesifikasi Dan Harga Terbaru di Bawah 2 Jutaan

Kode ini merupakan salah satu kode yang paling ditakutkan oleh banyak orang. Hal ini karena Error Code 6800/6801 menunjukkan bahwa ada permasalahan pada Logic Board printer Anda. Dengan kata lain, solusi satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah mengganti Logic Board pada printer Anda. Atau, Anda bisa membeli printer baru jika menemukan kode kerusakan dan cara memperbaiki Canon MP287

Pencarian Berdasarkan Kata Kuncierror 5b01 canon mp287